List Isi Seserahan Pernikahan Yang Wajib Kau Siapkan



Pada acara pernikahan atau lamaran lazimnya ada prosesi pemberian hantaran seserahan pernikahan. Budaya yang telah lama dikerjakan sejak dulu ini menjadi prosesi mesti dalam setiap acara pernikahan.

Apa saja isi seserahannya?

Untuk soal isi seserahan mungkin masih banyak yang kebingungan sebetulnya apa saja sih isi seserahan pernikahan dan apa saja item- item yang perlu dipersiapkan.

Yaudah seketika aja Sputnik beri tau apa saja sebenarnya isi seserahan pernikahan yang lazimnya dibawa sebagai hantaran dari keluarga pria untuk sang wanita sebagai simbol bekal untuk kehidupan kelak sang wanita.

Kelengkapan Shalat / Ibadah

Sebagai bekal untuk sang wanita supaya menjadi pendamping dan istri yang sholehah, maka sang pria lazimnya senantiasa menyiapkan hantaran peralatan ibadah ini. Sebagai bentuk dan simbol nasihatnya kelak kepada sang istri. Untuk isinya dimulai dari Mukena, sajadah, dan Al – Quran / Kitab suci.

Peralatan Mandi

Biasanya untuk kelengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

Pakaian Dalam

Baju dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan nih. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya lazimnya sang wanita telah memilihkan barang – barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan supaya lebih menawan.

Perlengkapan Makeup

Nah untuk perlengkapan yang satu ini lazimnya sang wanita benar-benar concern nih, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, biasanya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk tiap produk kosmetika yang dipakai. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan items yang satu ini.

Perhiasan

Seserahan pernikahan berupa Perhiasan ini mempunyai makna bersinar dan penuh kemauan. Akan tapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang dapat disepakati bersama cocok dengan budget kalian . Bila sang wanita menginginkan, dan pihak pria bisa menyanggupi karenanya hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan dikasih.

Perlengkapan Pesta

Perlengkapan pesta ini beraneka – ragam isinya. Mulai dari kebaya da kain, heels, ransel, dress, hingga jam tanggan.

Makanan & Buah-buahan

Sebagai format hantaran ngga komplit rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa tradisi tradisi semisal betawi seharusnya menyiapkan roti buaya dan juga ada sebagian budaya yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis.

Berapa kotak seserahan pernikahan yang perlu disiapkan?

Untuk jumlah kotak seserahan hakekatnya ngga ada ketentuan mesti. Semuanya bisa disesuaikan oleh kesepakatan bersama. Akan tapi ada beberapa budaya seperti Jawa yang umumnya memberikan kotak seserahan berjumlah ganjil (5, 7, 9, 11 )

Isi seserahan pernikahan ini sesungguhnya ngga ada item mesti banget yang patut sama. Balik lagi semua isi seserahan pernikahan di dalamnya disesuaikan dengan budget kalian juga. Seserahan yang menjadi hantaran dari pihak pria ini lazimnya berisi barang-barang keperluan sang calon pengantin wanita, yang nantinya akan dipakai oleh sang wanita. Jadi dapat dibilang isi barang- barang seserahan pernikahan ini simbol bekal dikehidupan bagi sang wanita kelak.

Oh iya, seserahan pernikahan bukan hanya untuk wanita loh, tapi ada juga isi seserahan pernikahan pria yang umumnya menjadi prosesi simbolik tukar seserahan antar keluarga.

Untuk isi seserahan pria lazimnya lebih sederhana dan tidak sebanyak isi seserahan wanita. Isi seserahan pria mulai dari parfum, dompet, baju kerja / formal, jan tangan, sampai sepatu. Tergantung sang wanita berharap memberikan apa saja karena sebetulnya isi seserahan untuk pria tak patut.


Baca Artikel Terkait Tentang Barang Seserahan Lamaran Adat Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *